10 Tempat Wisata Alam Di Aceh Yang Wajib Dikunjungi Para Pelancong


10 Tempat Wisata Alam Terbaik di Aceh Yang Wajib Dikunjungi Para Pelancong terbaik  - Tempat wisata di Aceh adalah salah satu tempat wisata dalam negeri yang sering menjadi tujuan wisata baik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Meski pernah dihantam gelombang tsunami beberapa tahun silam namun Aceh kembali bangkit untuk menata kembali tata kota nya dan kehidupan di dalamnya. Terbukti kini Aceh mampu bangkit bahkan dari sektor wisatanya justru meningkat dibandingkan dengan sebelum terjadinya tsunami.

Jangan pernah takut untuk berwisata di Aceh dikarenakan Aceh sekarang sudah aman, bahkan setelah tsunami datang kini muncul berbagai tempat wisata yang bisa membuat anda selalu mengingat dan mengambil hikmah atas terjadinya tsunami tersebut.

Sebelum berkunjung ke sana, ada baiknya anda mengetahui apa saja tempat wisata alam yang menarik di sana. Dengan begitu anda sudah memiliki tujuan tempat wisata yang pasti. Hal tersebut bisa menghemat waktu perjalanan anda dan tentunya menghemat cost yang harus anda keluarkan.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata Alam di Aceh yang bisa dikunjungi :

1. PANTAI IBOIH


Tidak dipungkiri bahwa kota dengan julukan serambi Mekah tersebut memiliki banyak sekali lokasi pantai yang indah dan menakjubkan. Salah satu pantai yang bisa anda kunjungi ketika berada di Aceh adalah Pantai Iboih. Pantai Iboih adalah pantai terindah yang ada di Aceh.

Daya tarik dari pantai ini adalah pasir putihnya yang bagus dan warna air pantainya yang jernih. Warna pantai di sini berwarna hijau toska atau berwarna biru cerah. Suasana yang tenang dan damai cocok menjadikan lokasi ini sebagai tempat wisata untuk bulan madu.

Bagi pasangan yang baru menikah, menikmati suasana yang tenang dan damai di pantai ini akan membuat dunia hanya seperti milik berdua. Setiap pagi bagi pasangan yang baru menikah bisa menghirup udara pagi di pinggir pantai ini, tidak hanya itu saja bermain air di pantai pun menjadi hal yang menarik untuk dilakukan.

Untuk yang hobi melakukan olahraga air seperti snorkeling, diving dan lain sebagainya bisa datang ke pantai ini. Hal itu dikarenakan pantai ini memiliki keindahan bawah laut. Tanpa diving pun anda sudah bisa melihat kecantikan alam bawah laut dari pantai ini. Namun bagi yang ingin diving atau snorkeling bisa juga melakukannya di sini, di bawah laut akan ada berbagai macam spesies biota laut dan ikan yang hidup diantara terumbu karang. Anda pun akan betah berlama-lama memandangi keindahan bawah laut pantai ini.

2. AIR TERJUN BLANG KOLAM




Aceh juga memiliki tempat wisata berupa air terjun. Air terjun ini letaknya ada di Desa Sidomulyo Aceh bagian utara. Untuk menempuh lokasi wisata ini diperlukan waktu kurang lebih 30 menit dari ibukota Aceh.

Tempat wisata ini tidak bolah untuk anda lewatkan. Bagi yang sedang penat dengan rutinitas sehari-hari dan bosan dengan padatnya suasana perkotaan bisa mengunjungi tempat ini. Indahnya pemandangan, suara deru dari air tejun dan hijaunya pemandangan di sekitar air terjun membuat pikiran penat anda hilang.

Ada dua aliran air terjun yang ada di sini, oleh sebab itu air terjun ini juga dijuluki dengan air terjun kembar. Tinggi dari air terjun ini sekitar 75 km. Yang bisa wisatawan lakukan di sini adalah wisatawan bisa berenang di mata air bawah air terjun, bermain air, berendam atau hanya duduk bersantai di pinggir air terjun.

Keunikan dari tempat wisata ini adalah pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar dengan cara berkemah. Namun bagi wisatawan yang ingin berkemah sebaiknya meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola wisata dan juga membayar biaya sekitar 5 ribu per orangnya.

3. AIR TERJUN SUHOM


Tempat wisata di Aceh selanjutnya, aceh ternyara juga memiliki banyak air terjun yang dijadikan sebagai tempat wisata, salah satunya adalah tempat wisata air terjun yang ada di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong. Karena ada di Desa Suhom air terjun ini pun diberi nama Air Terjun Suhom.

Air terjun ini memiliki aliran air yang rendah dengan tinggi kurang dari 50 meter, meski begitu pengunjung yang datang ke sana tidak akan diperbolehkan untuk mendaki naik ke atas air terjun tersebut demi keselamatan pengunjung itu sendiri. Batu yang licin dan adanya lokasi pembangkit listrik dengan kekuatan tinggi membuat pengunjung tidak boleh naik ke atas lokasi air terjun.

Untuk menuju ke tempat wisata ini pengunjung harus melakukan usaha ekstra sebab diperlukan usaha dalam melewati jalan yang menanjak dan menurun. Di sepanjang perjalan menuju air terjun pengunjung akan melihat pegunungan bernama Paro dan Kulu.

Saat berjalan mungkin anda akan menemukan sekelompok monyet yang berkeliaran, anda harus bersiap-siap menyiapkan perbekalan ekstra sebab monyet-monyet di sini akan meminta buah yang anda bawa dan makanan ringan yang ada di tangan maupun tas anda.

Indonesia memiliki banyak lokasi wisata berupa air terjun. Air terjun itu ada di beberapa wilayah Indonesia salah satunya ada di Aceh.

4. PULAU RUBIAH



Bagi yang sedang berbulan madu bisa mengunjungi lokasi wisata yang satu ini. Hal itu dikarenakan di pulau ini akan banyak keindahan yang ditawarkan. Pulau ini dikelilingi oleh laut yang jernih.

Air lautnya yang jernih membuat pengunjung bisa betah berlama-lama ada di lokasi wisata ini. Bermain air pun dijadikan sebagai aktivitas yang menyenangkan di sini.

Letak Pulau Rubiah tepatnya ada di sebelah barat laut dari Pulau Weh. Nama pulau ini diambil dari nisan yang bertuliskan Rubiah di pulau ini sehingga namanya pun diberi nama Rubiah.

Selain hijau dan rindangnya pepohonan yang ada di sini, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut. Wisatawan bisa melihat aneka biota laut yang ada di laut tersbeut. Saat ini tercatat ada 14 atau 15 biota laut yang dilindungi di laut Pulau Rubiah.

Melihat air lautnya yang jernih membuat kita teringat dengan Pantai Tanjung Tinggi yang ada di Bangka Belitung. Hal itu dikarenakan sama-sama memiliki kejernihan air laut dan berbagai macam biota laut. Di laut Pulau Rubiah ini wisatawan bisa melakukan diving maupun snorkeling.

5. DANAU LAUT TAWAR


Lokasi tempat wisata di Aceh lainnya yang bisa anda kunjungi adalah Danau Laut Tawar yang ada di Aceh.  Letak danau ini tepatnya ada di Dataran Tinggi Gayo kabupaten Aceh Tengah. Sebelah barat dari pantai ini adalah kota Takengon, kota Takengon merupakan ibukota dari Aceh Tengah.

Di tempat wisata ini wisatawan bisa melihat suku yang mendiami dari Dataran Tinggi Gayo. Suku yang mendiami lokasi tersebut adalah Suku Gayo.

Luas dari danau laut tawar ini adalah 5.472 hektar dan panjangnya mencapai hingga 3.219 km. Danau ini memiliki air tawar sama dengan danau lain yang ada di Indonesia.

Wisatawan bisa melihat danau ini dari Dataran Tinggi Gayo, dari dataran tinggi itu bisa terlihat betapa luasnya danau tersebut. Dengan pemandangan yang cukup indah, dirasa pengunjung tidak akan kecewa untuk menikmati pemandangan di sekeliling danau bila di lihat dari ketinggian yang cukup menakjubkan.

6. PANTAI LHOKNGA


Aceh memang terkenal dengan wisata pantainya yang indah. Salah satu pantai yang bisa dijadikan destinasi tempat wisata ketika berada di Aceh adalah Pantai Lhoknga. Dari kota Banda Aceh memiliki jarak 20 km. Yang menarik di lokasi ini adalah pantainya yang berwana biru dan berwarna hijau toska.

Wisatawan yang datang ke sini bisa melakukan kegiatan bersantai di bawah pohon atau melakukan voli pantai. Pasir yang ada di pantai ini tergolong landai sehingga kegiatan apapun bisa dilakukan di sini. Bagi yang suka berjemur, berjemur pun bisa dilakukan di sini.

Pengunjung yang memiliki hobi berselancar bisa melakukan selancar di pantai ini. Hal itu dikarenakan Pantai Lhoknga termasuk dalam pantai yang memiliki ombak besar. Ketinggian ombak yang ada di pantai ini sekitar 1,5 meter sampai dengan 2 meter.

Saat sore hari datang jangan segera beranjak dari tempat ini, anda masih bisa melihat pemandangan Pantai Lhoknga yang indah. Ada sunset yang indah dan bisa dilihat di pantai ini. Karena keindahan sunsetnya tidak jarang saat sore hari pantai ini selalu ramai oleh pengunjung.

7. AIR TERJUN KUTA MALAKA


Aceh memiliki banyak sekali tempat wisata berupa air terjun. Selain Air Terjun Suhom ada wisata air terjun lainnya yang bisa anda kunjungi. Salah satunya adalah Air Terjun Kota Malaka.

Lokasi Air Terjun Kota Malaka ini ada di Desa Samahani. Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar. Jika ditempuh dari kota Banda Aceh wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk bisa mencapai Desa Samahani.

Meski begitu, wisatawan yang ingin pergi ke air terjun ini membutuhkan waktu beberapa jam dikarenakan letaknya di bukit nan tinggi.

Ketinggian dari air terjun ini sekitar 600 mdpl dan juga bertingkat. Tingkatan tinggi dari air terjun ini bisa mencapai 17 tingkat pada ketinggian yang berbeda-beda.

Agar bisa sampai ke lokasi ini, pengunjung harus menempuh medan yang terjal dan harus ekstra hati-hati dalam mendaki bukit dimana air terjun ini berada.

8. GUNUNG SEULAH AGAM


Gunung Seulawah Agam merupakan tempat wisata berupa gunung berapi. Ketika mengunjungi lokasi wisata ini akan ada dua buah obyek wisata yang bisa terlihat, selain Gunung Seulawah Agam itu sendiri ada juga Gunung Inong. Gunung Seulawah Agam masih aktif sampai saat ini. Lokasi gunung ini ada di Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar.

Bagi wisatawan yang suka dengan kegiatan hiking, mendaki gunung dengan tinggi 1800 meter ini bisa dijadikan sebagai aktivitas yang menarik. Selain itu pengunjung bisa melihat Kawah Heutsz yaitu kawah dari gunung berapi tersebut. Suhu saat berada di gunung ini 18 sampai dengan 21 derajat celcius.

Untuk mendaki di gunung ini tidak terlalu sulit. Tantangan yang bisa didapatkan dari gunung ini adalah pengunjung bisa mendaki gunung dengan kemiringan 70 derajat dan kemiringan itu memiliki jarak tempuh 500 meter.

Setelah melalui kemiringan 70 derajat itu pendaki akan melalui kemiringan sekitar 50 derajat. Kemiringan 50 derajat itu cukup landai sehingga akan lebih mudah untuk dilalui. Pendaki akan betah berlama-lama ada di gunung ini dikarenakan udaranya yang masih sejuk dan juga bersih.

Di sepanjang jalur pendakian pengunjung akan melihat berbagai jenis jenis flora dan fauna. Yang bisa anda jumpai adalah harimau, beruang, rusa, babi hutan, landak dan juga gajah. Untuk floranya yang bisa dijumpai adalah pohon meranti, pohon cemara, pohon urip, pohon deraim dan juga pohon beramah.

9. GUNUNG SEULAWAH INONG


Tidak hanya Gunung Seulawah Agam saja yang menjadi gunung berapi yang ada di sana, namun Gunung Seulawah Inong pun menjadi daya tarik wisata yang ada di Aceh.

Gunung ini menjadi tempat yang bersejarah bagi Aceh hal itu dikarenakan Gunung Seulawah Inong adalah tempat yang dijadikan untuk pusat melakukan latihan bagi kaum inong Aceh untuk bisa melawan penjajah Belanda kala itu.

Di wilayah Gunung Seulawah Inong ini ada kekuatan perang gerilya yang dilakukan oleh laskar wanita Aceh nan gagah berani.

Gunung ini bisa menjadi tujuan wisata bagi wisatawan yang menyukai kegiatan hiking. Ada beberapa titik jalur pendakian yang bisa ditempuh. Titik pendakian yang paling familiar adalah Taman Nasional.

Pendaki bisa mendaki gunung dengan ketinggian 800 meter ini dengan waktu tempuh setengah jam agar bisa mencapai puncak dari gunung ini. Anda tidak akan pernah menyesal ketika berada di puncak gunung ini dikarenakan anda akan melihat pemandangan yang luar biasa.

Ada hutan tropis nan hijau dan didominasi oleh pepohonan yang tinggi.

10. TAMAN HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN


Nama taman ini diambil oleh bangsawan seorang wanita keturunan Kesultanan Aceh dan dikenal sebagai pejuang yang berani melawan Belanda. Tahura Pocut Meurah Intan dicatat secara administratif di kedua kabupaten yang ada di Aceh yaitu Kabupaten Aceh Besar dan juga Kabupaten Pidie.

Untuk sampai ke tempat wisata ini jaraknya adalah 70 kilometer dari kota Banda Aceh. Taman Hutan Raya ini memiliki luas sekitar 6300 ha dan didalamnya ada berbagai macam kekayaan alam berupa flora maupun fauna yang ada di dalamnya.

Flora yang banyak ditemukan di tempat wisata ini adalah akasia dan pohon pinus. Tidak hanya itu saja di sini anda juga akan menemukan hutan-hutan muda beserta dengan padang alang-alang.

Fauna yang bisa dijumpai di sini adalah rusa, babi hutan, landak, kera dengan ekor panjang, burung sri gunting, lutung dan gajah serta kancil.

Itulah 10 tempat WISATA ALAM yang bisa anda kunjungi saat berada di Aceh. Anda bisa memilih beberapa tempat yang ada di daftar tersebut untuk dijadikan sebagai tujuan wisata. Anda bisa memulainya dari lokasi wisata terdekat baru menuju lokasi terjauh berdasarkan beberapa macam tempat wisata di Aceh.

2 Responses to "10 Tempat Wisata Alam Di Aceh Yang Wajib Dikunjungi Para Pelancong"

zidanealdanifr mengatakan...

Wew indah banget aceh, boleh dicoba nih

ardanimaji mengatakan...

silahkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel